WannaCry & WannaCry 2.0


TMA - Wah.... Ada drama lagi nih kayaknya, gw malah gak update drama lagi. Akhirnya setelah sekian lama mati nih virus dan sekarang bangkit lagi (Edo Tensei). Baiklah kalau masalah virus gw gak mau ikut-ikutan kena.

Oke, sekarang ini..... ya sekarang ini tanggal 14 Mei 2017 dunia internet sedang heboh masalah virus yang menyerang data pribadi atau data penting di dalam komputer. Sejujurnya nih gw gak peduli dengan virus ini karena virus ini cuma menyerang sistem operasi windows sedangkan gw pake linux. Tapi apa boleh buat, ini mumpung ada drama yaudah gw buat postingan saja.

Perasaan gw saat buka internet


Oke jadi gini, virus ini bernama WannaCry dan virus ini menyerang sistem data pada komputer. Jadi jika lu punya data yang penting dan lu terkena virus ini? Tenang saja, lu hanya perlu bayar dan lu gak punya duit? Mati aja dah.

Kenapa Dinamakan WannaCry?

Gw gak tau sih kenapa si attacker (Pemilik WannaCry) Menamai ransomware ini WannaCry, namun saat gw lihat-lihat berita akhirnya gw memiliki kesimpulan bahwa WannaCry artinya adalah ingin menangis, jadi kalau korban terkena virus tersebut dan data pentingnya di sembunyikan!! Pastinya si korban ingin menangis (Apalagi data skripsi yang belum kelar karena kena coret dosen, MAMPUS!!).

Virus Aktif?

Oke. virus wannacry ini sudah terbilang cukup lama namun baru booming saat ini. Gw juga gak mengerti kenapa virus lama baru booming sekarang? Ahsudahlah, kebanyakan MSG jadinya ya begitulah. Virus tersebut sebenarnya sudah aktif cukup lama dan sebagian orang juga pernah terkena virus tersebut.

Namun katanya sih, virus itu menyerang data Rumah sakit harapan kita di indonesia dan rumah sakit lainnya, jadinya data penting rumah sakit tersebut sedang di kunci. Bukan hanya rumah sakit indonesia saja yang diserang WannaCry namun juga rumah sakit Inggris Raya, Skotlandia dan komputer-komputer kantor yang berada dijepang juga terkena imbasnya.

Cara Kerja Virus?

Oke. yang namanya virus itu harus memiliki cara kerjanya. Virus WannaCry ini bekerja jika si korban sudah mengeksekusi file yang ditanam Virus WannaCry. Biasanya file yang ditanami virus tersebut berupa file .exe dan juga file .jpg. 

Namun katanya lagi nih bahwa bakalan ada teroris Cyber. Oke gini, sekarang ini katanya virus tersebut bisa menyebar tanpa campur tangan dari si korban. Kalau bahasa enaknya itu virus tersebut menyebar melalui internet dan tanpa mengeksekusi file .exe ataupun .jpg.

Menurut gw sih!! Bodo amat lah gw pengguna linux, jadi gw gak terlalu peduli masalah begituan (Ngapain lu posting bego) Ahsudahlah.

Tampilan Virus?



Itulah gambar tampilan virus WannaCry yang telah mengeksekusi komputer korban. Perlu penjelasan? Detail? Cari di google :D Just kidding, oke gw jelasin maksud dari virus tersebut.

Mulai dari yang atas dulu ya??

Oops, Your file has been Encrypted! : Artinya bahwa file komputer lu lagi di kunci sama si pelaku.

Payment will be raisen on & your files will be lost on : Artinya bahwa lu di kasih waktu sekitar 6 hari (Sesuai Gambar) untuk mengirim duit ke pelaku jika file lu mau selamat.

What Happen to My Computer : Artinya bahwa lu bisa baca sendiri lah, lu dijelasin kalau file lu sedang di sandera oleh pelaku dan lu harus kirim duit.

Can I Recovery My Files : Artinya bahwa lu di kasih petunjuk untuk mengembalikan file lu tapi dengan satu syarat yaitu lu harus kirim duit.

How do I Pay : Artinya bahwa lu di kasih petunjuk cara kirim duit ke pelaku.

dan gambar di bawah adalah logo bitcoin artinya apa? Lu harus kirim duit tapi berupa bitcoin jika lu mau mengembalikan file dengan selamat. Di situ juga tertera alamat bitcoin si pelaku. Lu kirim duit, selesai urusan (Kalau gak punya duit? Ngamen :D).

Kenapa Harus Bitcoin?


Why? Why?? Kenapa Why Selalu Always Oke kenapa harus bitcoin? Jawaban dari gw cuma simple aja, karena IDENTITAS. Yap karena identitas (Alasannya apa?) Oke jadi gini, lu tau sendiri lah bitcoin itu mata uang digital dan sangat sulit untuk dilacak polisi. Jika lu gak tau bitcoin mending baca dulu di google. Kalau misalnya si pelaku pake rekening bank atau apalah. Ya pastinya si pelaku akan di tangkap juga.

Ada alasan lain nih kenapa doi (Pelaku) memilih bitcoin untuk penebusan, menurut gw sendiri nih (Mau percaya atau enggak terserah lu aja). Doi (Pelaku) lagi ngincer bitcoin karena pada tanggal 14 Mei 2017 ini harga bitcoin naik begitu tinggi. Jika lu buka postingan pada tanggal 14 Mei 2017 maka lu akan nampak bitcoin naik mencapai 25 Juta. (What?? 1 Bitcoin = 25 Juta?). Yap, bitcoin akan terus naik mungkin pada tahun 2017 ini. Mangkanya doi (Pelaku) memilih bitcoin untuk penebusan.

Oke, untuk membahas mengenai WannaCry cukup sampai disini saja. Gw sekarang ini mau membahas WannaCry 2.0 yang katanya akan menyerang lagi.

Loh!!! Loh!! Bukannya WannaCry belum ditemukan Patch nya? Kok sudah ada versi barunya? Kayak software saja ada versi-versinya!!
Oke, gw akan cerita sedikit nih kenapa Doi (Pelaku) membuat versi terbaru dari virus wannaCry. Alasannya adalah bahwa virus yang bernama WannaCry udah di patch. Jadi mungkin ceritanya gini, ada komputer yang terkena virus tersebut dan kemungkinan si korban ini anak orang kaya (Mungkin sih) kalau gak gitu komputer perusahaan yang memiliki duit banyak. Nah!! kan disitu harus bayar bitcoin tuh?? Nah disitulah patchnya kelihatan, barang siapa yang telah membayar bitcoin akan di kasih patch untuk menghapus tuh virus.

Lu ingin tau patchnya seperti apa? Lihat gambar dibawah ini



Terlihat cara tersebut sudah ampuh ya untuk membersihkan virus WannaCry ini? Eitts.... Cara tersebut sudah tidak berguna lagi sekarang ini karena Doi (Pelaku) Sudah membuat virus WannaCry versi terbaru yaitu WannaCry 2.0

Semboyan WannaCry 2.0


WannaCry 2.0 ini sama seperti WannaCry biasa namun di dalam virus ini sudah diperbarui dan drama pun akan berlanjut lagi. (Sekali lagi ya, mau buat versi 2.0 kek 3.0 kek sampai 999999.99999 kek gw mah bodo amat, gw pengguna linux cok).

Gw gak ngerti mengenai WannaCry versi 2.0 ini karena gw gak cari informasinya lebih dalam, katanya sih versi ini pakai Kill-Switch dan gw gak tau apa itu Kill-Switch. Kalau lu tau apa itu Kill-Switch silahkan komentar di bawah ini. Biar gw update lagi nih postingan.

Oke cukup sampai disitu postingan gw hari ini, drama kali ini cukup menyedihkan jadi siapkan tisu saja ya....





Posting Komentar

0 Komentar